Apa itu Diabetes, Penyakit yang Sebabkan Komedian Sapri Pantun Meninggal Dunia

harimausumateranews.com – Kabar duka datang dari komedian tanah air Sapri Pantun yang meninggal karena diabetes.

Kadar gula darah Sapri yang mencapai angka 1.143 membuatnya mengalami penyumbatan darah. Akibat penyumbatan itu, kulit bagian bawah hingga telapak kaki Sapri menghitam dan harus segera ada tindakan agar tidak busuk.

Kondisi ini membuat sang komedian masuk ICU dan melakukan operasi. Komedian Pesbukers itu pun sudah sukses melewati operasi pembuluh darah dengan lancar.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (11/5/2021) diabetes mellitus atau juga disebut diabetes adalah istilah untuk beberapa kondisi yang melibatkan bagaimana tubuh seseorang mengubah makan menjadi energi.

Saat seseorang mengonsumsi karbohidrat, maka tubuh akan mengubah gula menjadi glukosa dan mengirimkannya ke aliran darah. Pankreas melepas insulin, yakni hormon yang membantu memindahkan glukosa darah ke dalam sel yang menggunakannya sebagai energi.

Jika seorang penderita diabetes tidak mendapatkan perawatan, maka tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin sebagai mestinya.

Kemudian, glukosa yang terlalu banyak di dalam gula darah menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Alhasil, kondisi ini tentu dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang bahkan berujung kematian. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes, namun kita dapat menekan lajunya. Pengidap diabetes mellitus dapat hidup sehat dan lebih lama dengan gaya hidup sehat dan pengobatan. Sementara itu, jenazah Sapri Pantun rencananya akan dimakamkan di TPU Ulujami , Pesanggrahan, Jakarta hari ini.

(Rahmat/harimausumateranews.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post
banner