Protes Aksi Pembakaran Alquran, Warga Pakistan Bakar Bendera Norwegia dan AS

Protes Aksi Pembakaran Alquran, Warga Pakistan Bakar Bendera Norwegia dan AS

PAKISTAN–Warga di Karachi, Pakistan, menggelar aksi protes dengan membakar bendera Norwegia dan AS. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kemarahan atas pembakaran Alquran di Norwegia pekan lalu.
Para pengunjuk rasa mengatakan bahwa apa yang terjadi di kota Kristiansand merupakan penodaan terhadap kitab suci Islam.

Sementara itu, pemerintah Pakistan telah menyatakan “keprihatinan mendalam” atas insiden itu dan telah mengambil tindakan diplomatik.

Kementerian Luar Negeri negara itu telah memanggil Duta Besar Norwegia untuk memberitahu bahwa pembakaran Alquran telah “melukai 1,3 miliar Muslim di seluruh dunia, termasuk yang ada di Pakistan.”

Kementerian itu mengatakan bahwa tindakan seperti itu “tidak dapat dibenarkan atas nama kebebasan berekspresi.” Mereka juga mendesak Oslo untuk “mencegah” insiden seperti itu terjadi di masa depan.

Tindakan anti-Muslim di luar negeri kerap memicu aksi demonstrasi di Pakistan. Misalnya, pada tahun 2010, aksi unjuk rasa diadakan di kota-kota Pakistan setelah pendeta kontroversial yang bermarkas di Florida, Terry Jones, mengumumkan rencana untuk membakar Alquran.

Dua tahun kemudian, protes besar-besaran dilakukan di depan kedutaan besar AS di Karachi terhadap film Amerika ‘Innocence of Muslim’, yang dianggap menghujat komunitas Muslim. []

SUMBER: RT

Post a Comment

Previous Post Next Post
banner